A. Program Pembinaan Kesiswaan

 Program Pembinaan kesiswaan adalah suatu pengelolaan kegiatan secara sistematis dan terpadu yang mencakup keberadaan peserta didik sesuai nilai-nilai luhur Pancasila yang dilakukan oleh pemangku kepentingan pendidikan.

 Pengembangan kegiatan kesiswaan di MTsN 1 Lumajang sebagai upaya mereformulasi dan merekonstruksi kegiatan kesiswaan  di MTsN 1 Lumajang agar berjalan lebih sinergis dengan kegiatan belajar mengajar sehingga memungkinkan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Tujuan dari kegiatan kesiswaan di MTsN 1 Lumajang secara umum mengacu kepada Permendiknas no. 39 tahun 2008 yaitu :

  1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
  2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan madrasah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
  3. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
  4. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasimanusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).

Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan kesiswaan di MTsN 1 Lumajang adalah untuk tercapainya visi dan misi MTsN 1 Lumajang yang diantara indikatornya adalah

  1. Mampu menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dengan baik dan benar.
  2. Berakhlaqul karimah dalam bermuamalah.
  3. Dapat meraih prestasi dalam bidang akademik dan non akademik.
  4. Menguasai ketrampilan praktis (life skill), seni dan olah raga.
  5. Mampu berkomunikasi aktif dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
  6. Terciptanya lingkungan madrasah yang bersih
  7. Terselenggaranya kehidupan yang ramah lingkungan
  8. Terwujudnya budaya dan lingkungan madrasah yang sehat dan islami
  9. Terwujudnya madrasah yang terbebas dari NARKOBA dan obat terlarang lainnya.

B.      Sasaran Pembinaan Kesiswaan

Secara umum sasaran pembinaannya adalah siswa agar mereka dapat mengembangkan berbagai potensi kecerdasannya, yaitu ; kecerdasan spiritual (olah hati); untuk memperteguh keimanan dan ketaqwaan, meningkatkan akhlak mulia, budi pekerti atau moral dan enterpreneurship. Kecerdasan intelektual (olah pikir); untuk membangun kompetensi dan kemandirian ilmu pengetahuan dan teknologi. Kecerdasan emosional (olah rasa); untuk meningkatkan sensitivitas, daya apresiasi, daya kreasi, serta daya ekspresi seni dan budaya. Kecerdasan kinestetis (olah raga); untuk meningkatkan kesehatan, kebugaran, daya tahan, kesigapan fisik, dan keterampilan kinestetis.

Secara khusus, dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Meningkatnya pemahaman dan pengamalan ajaran-ajaran Islam oleh siswa di madrasah dan di luar madrasah.
  2. Terbentuknya jiwa kepemimpinan dalam diri siswa melalui kegiatan Organisasi Siswa Intra Madrasah OSIM.
  3. Meningkatnya prestasi akademik siswa melalui layanan bimbingan dan penguatan belajar.
  4. Meningkatnya prestasi non akademik siswa melalui pembinaan ekstra kurikuler yang intensif.

C.Bentuk Pembinaan Kesiswaan

Bentuk pembinaan kesiswaan di MTsN 1 Lumajang secara umum dilakukan dengan 4 (empat) hal, yaitu:

  1. Pembinaan jiwa kepemimpinan dan keorganisasian melalui Organisasi Siswa Intra Madrasah,
  2. Penegakan tata tertib madrasah,
  3. Kegiatan konkrit yang langsung melibatkan siswa sebagai subjek baik dalam bidang sosial, keagamaan, intelektual, olah raga dan seni,

Pendidikan dan latihan melalui program Ekstra Kurikuler

D. Pembinaan Program Ekstra Kurikuler

Pengembangan kegiatan ekstra kurikuler MTsN 1 Lumajang secara umum ditujukan pada 3 (tiga) hal, yaitu:

  1. Pengembangan potensi intelektual,
  2. Pengembangan bakat dan minat dalam bidang seni dan olahraga,
  3. Ekstra kepemimpinan dan keorganisasian.

Secara sistematis dapat digambarkan berupa diagram berikut