Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Share on telegram
Telegram

PUNCAK KTS 2020

LIVE STREAMING “Sebuah Rindu Menjadi Karya”

Puncak Kegiatan Tengah Semester (KTS) 2020 sukses dilaksanakan MTsN 1 Lumajang secara live pada Selasa, 27 Oktober 2020. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tengah semester ini selalu mendapatkan apresiasi dari seluruh warga madrasah, khususnya MTsN 1 Lumajang.

Berawal dari perasaan rindu yang seringkali dicurahkan lewat media sosial siswa dan teman-teman guru. Maka dirasa perlu diadakan kegiatan yang bisa mengembangkan bakat dan kreativitas sekaligus sebagai ekspresi kerinduan mereka. Maka panitia KTS 2020 menggagas kegiatan ini bertajuk “Sebuah Rindu Menjadi Karya.”

KTS tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa jenis kategori kegiatan siswa yang dilombakan antara lain: Iklan Layanan Masyarakat, Jula-Juli, Baca Puisi, dan Cipta Puisi. Tidak hanya siswa, guru juga diberi kesempatan untuk berekspresi mengembangkan ide dan kreativitasnya dalam lomba pembuatan video pembelajaran.

Kegiatan Tengah Semester yang dilaksanakan tanggal 5 s.d 17 Oktober 2020 sekaligus menjadi kegiatan pembelajaran berbasis proyek. Sehingga wajib bagi seluruh siswa untuk menghasilkan minimal satu karya dari keempat pilihan kategori kegiatan yang dilombakan. Dan wajib bagi guru untuk menciptakan video pembelajaran.

Sebagai puncaknya panitia mengumumkan pemenang lomba secara live streaming di channel youtube MTsN 1 Lumajang pada 27 Oktober 2020 kemarin. Live streaming, adalah pengalaman kali pertama yang diselenggarakan MTsN 1 Lumajang.

Ustaz Jailani dalam sambutanya menyampaikan, ” Momen ini adalah sarana promosi madrasah sekaligus memanfaatkan perkembangan teknologi yang sedang tren saat ini. Saya berharap seluruh guru dan siswa tetap memiliki ghirah untuk berubah menjadi lebih baik dan bisa menghasilkan karya-karya yang menarik dan menginspirasi.”

“Meskipun masa pandemi, matsanlu tetap melaksanakan KTS hingga puncaknya secara daring dengan tujuan selain mengembangkan bakat dan potensi siswa dan guru, sekaligus me-refresh otak setelah tiga bulan berkutat dengan tugas-tugas e-learning,” tambah Ustazah Tri Lucky, selaku koordinator KTS 2020.

Acara live streaming kali pertama ini tidak akan terwujud tanpa kerja sama yang baik dari berbagai pihak. Duo host yang luar biasa, Antania dan Raditya siswa kelas 9H yang sukses membawakan acara dengan sangat keren. Terlebih lagi tim solid istimewa, para kru dibalik layar: Ustaz Saiful Arif, Ustazah Vivin, Ustaz Kartono, Ustazah Ani, Ustaz Nano, Ustazah Tri Lucky, Ustazah Alfi, Ustazah Widatuz, dan Ustaz Syahril. Selain itu pengisi acara off camera yang sangat menghibur menjadi pemanis acara live streaming ini, pun juga online shope siswa yang bisa menjadi inspirasi dengan marketing komunikasi produk-produk menariknya.

Tak bisa dipungkiri, yang paling ditunggu di acara Puncak KTS ini adalah pengumuman nominasi terbaik di setiap kategori lomba dan siapa saja yang berhak menyandang juaranya. Antusias pemirsa live streaming sangat tergambar dalam rentetan livechat yang dikirimkan selama streaming berlangsung, hingga inisiatif nonton bareng yang diikuti sebagian guru yang hadir di madrasah saat itu.

Acara yang dikemas apik mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak. Betapa tidak, pengumuman nominasi yang mendebarkan, tayangan video kenangan madrasah sebelum pandemi, hiburan, hingga video persembahan untuk guru yang telah tutup usia sempat memainkan emosi para pemirsanya. Bahkan tayangan video parodi yang diperankan Ustaz Imam Sya’roni masih menjadi trending topic hingga hari ini.

Pengumuman nominasi dan juara adalah acara inti di Puncak KTS 2020 ini. Berikut adalah para pemenangnya:

LOMBA GURU/Video Pembelajaran

Juara 1 : SENI BUDAYA_ “SENI GRAFIS” oleh Ustadz Nano Kurniawan, S.Pd

Juara 2 : MATEMATIKA_“OPERASI ALJABAR” oleh Ustadzah Annisa Febriyana, S.Pd

Juara 3 : IPA_“STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN” oleh Ustadz Agus Supriadi, S.Pd

LOMBA SISWA

Kategori Iklan Layanan Masyarakat

Juara 1 : Ahmad Favian ‘Azmi Ramadhani/9.H

Juara 2 : Syakillah/7.H

Juara 3 : Viska Fahri/7.E

Kategori Jula-Juli

Juara 1 : Razif Mushofa Ahmad/8.A

Juara 2 : M. Iqbal Zaki/7.G

Juara 3 : Dita Ayu/8.A

Kategori Baca Puisi

Juara 1 : Bintang Nawa/7.C

Juara 2 : Keyza/7.H

Juara 3 : Dyas/9.G

Kategori Cipta Puisi

Juara 1 : “Suara Rindu” Salsabila Zamzama Saharani/9.H

Juara 2 : “Rindu” Itsnia Salsabila Ashfah/9.E

Juara 3 : “Oktober” Wanda Nur Habibah/9.G

“Alhamdulillah, puncak KTS 2020 berjalan sukses. Acara live streaming “Sebuah Rindu Menjadi Karya” ini telah ditonton 3000 kali, dan sukses menambah jumlah subscriber dari 739 menjadi 1100 subscriber, di hari yang sama,” ujar Ustaz Kartono, operator acara live streaming.

“Semoga MTsN 1 Lumajang bisa menghadirkan konten-konten menarik sekaligus sebagai ajang promosi madrasah di kesempatan berikutnya, ” tambah Ustaz Saiful Arif, Waka Kesiswaan MTsN 1 Lumajang.

Akhirnya, ucapan terima kasih tak terhingga disampaikan kepada semua pihak yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran atas terselenggaranya rangkaian Kegiatan Tengah Semester 2020. Salut untuk semuanya yang sudah berpartisipasi. Hal ini membuktikan bahwa di tengah pandemi kita masih bisa berkreasi dan berkarya. Terus semangat, jangan menyerah. Semoga selalu sehat semuanya.*Alfie

Sambutan Kepala Madrasah dan Koordinator KTS 2020
kru live streaming Puncak KTS 2020
1,1 rb subscriber Host: Radit-Nia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *